Senin, 11 Januari 2010

lowongan kerja perawat ke jepang 2010

04 January 2010

Pengumuman
PENGUMUMAN
PENDAFTARAN PENEMPATAN TENAGA KERJA KESEHATAN INDONESIA (TKKI) NURSE (KANGOSHI) KE JEPANG PROGRAM G TO G TAHUN 2010
Nomor : KM.02.02/4/4811/2009



Sehubungan dengan pelaksanaan penempatan Tenaga Kerja Kesehatan Indonesia (TKKI) Nurse (Kangoshi) ke Jepang Program G to G, berdasarkan MoU antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Jepang, bersama ini diberitahukan kepada Calon Nurse (Kangoshi) yang berminat bekerja ke Jepang untuk penempatan Nurse (Kangoshi) pendaftaran dilakukan oleh Departemen Kesehatan dan proses selanjutnya untuk penempatan dilakukan oleh BNP2TKI. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui website : www.depkes.go.id / www.bppsdmk.depkes.go.id / www.puspronakesln.org, dengan ketentuan sebagai berikut :


A. PENDAFTARAN

Pendaftaran dilakukan langsung oleh Calon Nurse (Kangoshi) ke tempat pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran Formulir 5 (Kangoshi) yang diisi jelas dan lengkap dengan melampirkan persyaratan.


B. TEMPAT PENDAFTARAN NURSE

Pendaftaran Nurse (Kangoshi) dilakukan di Pusat Pemberdayaan Profesi dan Tenaga Kesehatan Luar Negeri (Puspronakes LN), Badan PPSDM Kesehatan, Departemen Kesehatan R.I
Jl. Hang Jebat III/F3 Lantai 4 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Telp. 021-7245517, 72797302 pes. 4045
021 – 91991732 (Retno Ikayanti, S.Farm. Apt.)
Fax. 021-7258057
HP. 08164888534 (Erni Endah Sulistioratih, SKM. M.Erg.)

Calon Nurse (Kangoshi) harus mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Departemen Kesehatan bekerjasama dengan PPNI dengan biaya pelaksanaan Rp. 250,000,- yang ditanggung oleh peserta. Jadwal pelaksanaan ditetapkan oleh Puspronakes LN, Departemen Kesehatan.

Calon Nurse yang sudah lulus uji kompetensi perawat akan memperoleh Surat Tanda Registrasi/STR, dan dapat mengikuti Psikotest yang diselenggarakan oleh BNP2TKI.


C. WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran Nurse (Kangoshi) di Puspronakes LN, Depkes, mulai tanggal 1 s/d 23 Pebruari 2010.
D. PERSYARATAN NURSE

Persyaratan pendaftaran Nurse dapat dilihat melalui website www.depkes.go.id atau www.bppsdmk.depkes.go.id atau www.puspronakesln.org di Puspronakes LN Jl. Hang Jebat III/F3 Kebayoran baru, Jakarta Selatan.
Berkas lamaran yang disampaikan ke Puspronakes LN Departemen Kesehatan harus lengkap yaitu :

1. Fotocopy KTP dengan usia 23-35 tahun per 1 Januari 2010;
2. Fotocopy Paspor sekurang-kurangnya masih berlaku 1 (satu) tahun;
3. Fotocopy Kartu Pencari Kerja AK-1 (Kartu Kuning) yang dilegalisir dengan cap basah (embos);
4. Fotocopy Ijazah Pendidikan minimal D3 Keperawatan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah (embos); Translater tersumpah
5. Fotocopy Transkrip nilai Pendidikan minimal D3 dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah (embos); Translater tersumpah
6. Fotocopy Surat Tanda Registrasi (STR) Perawat dari Departemen Kesehatan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (diperoleh peserta setelah mengikuti Uji Kompetensi yang diselenggarakan oleh Departemen Kesehatan, dengan jadwal yang akan ditentukan kemudian);
7. Asli Surat Ijin dari Orang Tua/Wali/Suami/Istri yang ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- diketik manual atau komputer, dan diketahui oleh Lurah/Kepala Desa dengan cap basah (embos);
8. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk melamar pekerjaan yang masih berlaku;
9. Asli Medical Check Up yang masih berlaku, bagi wanita tidak sedang hamil;
10. Fotocopy Surat Keterangan Pengalaman Kerja atau Surat Keterangan Kerja sebagai Perawat sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun per 31 Maret 2010 dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir oleh pimpinan tempat bekerja serta dengan cap basah (embos);
11. Pas photo berwarna terbaru dengan latar belakang biru, ukuran 3x4 cm sebanyak 8 lembar;
12. Bagi wanita tidak pernah bertato dan bagi laki-laki tidak pernah bertato serta tidak pernah bertindik;
13. Membuat surat pernyataan tidak akan mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus Matching yang ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- diketik manual atau komputer;
14. Fotocopy sertifikat kemampuan bahasa Jepang, bahasa Inggris atau bahasa lainnya (bila ada).

Berkas lamaran yang diterima adalah berkas lamaran yang lengkap dan memenuhi persyaratan. Selanjutnya berkas lamaran dari Puspronakes LN disampaikan kepada Direktorat Pelayanan Penempatan Pemerintah – Deputi Bidang Penempatan BNP2TKI.
E. ITEM-ITEM PRE MEDICAL CHECK UP AWAL

(1) PHYSICAL REPORT
a. Height
b. Weight
c. Color Vision
d. Blood Pressure
e. Visual Acuity
f. Audiometry

(2) EPIDEMIC DISEASE
a. Hepatitis
- HBs Ag
b. Syphilis
- VDRL

(3) LABORATORY REPORT
a. Urinalyst
- Urine Glucose
- Urien Protein
- Urien Blood
b. Liver Function
- Serum GOT
- Serum GPT
c. T-Cholestrol
d. Anemia
- Hemotocrit
e. Blood Type
- ABO
- RH
f. Chest X-Ray
- Finding

(4) EXAM FOR POSITIVES
a. Hepatitis
- Hbs Ag
- Hbs Ab
b. Sypilis
- TPHA
c. Chest P.A-Finding


F. PENYAMPAIAN BERKAS LAMARAN

Berkas lamaran Nurse (Kangoshi) dimasukkan dalam stofmap warna biru, dihalaman muka ditulis nama, alamat, dan nomor telepon yang mudah dihubungi. Keseluruhan berkas lamaran tersebut (kecuali foto) kemudian difotokopi oleh peserta dan dimasukkan dalam stofmap warna biru. Berkas lamaran rangkap dua tersebut kemudian disampaikan langsung oleh Calon Nurse (Kangoshi) ke Puspronakes-LN, Badan PPSDM Kesehatan, Departemen Kesehatan.


G. TEST PSIKOLOGI

Test psikologi yaitu test untuk mengetahui seberapa besar minat dan kepribadian dari calon Nurse (Kangoshi) terhadap program ini. Test minat dilakukan untuk melihat minat mendaftar yang ditujukan calon Nurse (Kangoshi) karena keinginan pribadi yang kuat atau tidak (terpaksa).

Sedangkan test kepribadian untuk mengetahui dan menilai tingkat kematangan, tingkat kemandirian serta penyesuaian diri terhadap lingkungan pekerjaan dari calon Nurse (Kangoshi). Begitu juga dengan test ini dapat diketahui tingkat kestabilan emosi, kedisiplinan, kemauan terhadap melayani orang lain dan kepatuhan terhadap peraturan yang ada. Diharapkan dengan test psikologi ini dapat diperoleh calon Nurse (Kangoshi) yang berkualitas terbaik, sesuai yang diharapkan.

Test psikologi dilaksanakan oleh BNP2TKI setelah calon Nurse (Kangoshi) lulus uji kompetensi. Pelaksanaan test psikologi selama 1 (satu) hari dengan jadwal akan disusun kemudian, dengan biaya ditanggung oleh calon Nurse (Kangoshi) sebesar Rp. 250.000,- pada lembaga psikologi yang ditunjuk.


H. MEDICAL CHECK UP

Medical Check Up (MCU) dilaksanakan setelah calon Nurse (Kangoshi) match dengan Rumah Sakit di Jepang. Biaya MCU ulang ditanggung oleh calon Nurse (Kangoshi). Apabila hasil MCU adalah Fit dan calon Nurse (Kangoshi) berangkat ke Jepang, maka biaya MCU akan diganti oleh pihak Jepang. Sedangkan apabila hasil MCU adalah Unfit dan calon Nurse (Kangoshi) tidak berangkat ke Jepang, maka biaya MCU tidak akan diganti oleh pihak Jepang.


I. PROSES PENEMPATAN

Proses penempatan Nurse (Kangoshi) dilaksanakan oleh BNP2TKI dan selanjutnya dapat dipantau/diakses melalui website : www.bnp2tki.go.id, www.depkes.go.id, www.bppsdmk.depkes.go.id, www.puspronakesln.org dan www.jicwels.jp.


Demikian untuk menjadi perhatian.


Jakarta, 28 Desember 2009.

Kepala Pusat Pemberdayaan Profesi
Dan Tenaga Kesehatan Luar Negeri
ttd

Dr. Asjikin Iman H. Dachlan, MHA
NIP. 195912131885121002

http://www.puspronakesln.org/index.php?p=berita_detail&id=91

Tidak ada komentar: